Analisa Sebuah Website

Analisa dan Pembahasan

1. IP Address dan Port
Untuk mengetahui alamat IP dan Port yang terbuka pada website www.kedirikota.go.id
Kami menggunakan web aplikasi yaitu https://pentest-tools.com, dengan dengan cara menggunakan TCP Port Scan.

Lalu akan menghasilkan result sebagai berikut:
Kegunaan dari masing-masing port tersebut yaitu:
a. Port 21 yaitu FTP (File Transfer Protocol) yang digunakan untuk mentransfer suatu file upload maupun download.
b. Port 22 yaitu SSH (Secure Shell Connection) merupakan pengembangan dari telnet dengan komunikasi data yang terenkripsi.
c. Port 23 yaitu Telnet, digunakan untuk memberi akses remote server secara jarak jauh.
d. Port 25 yaitu SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
e. Port 53 yaitu Domain atau DNS digunakan untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan penerjamahan nama domain ke IP Address.
f. Port 80 yaitu HTTP (Hypertext Transfer Protocol) digunakan client untuk dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.
g. Port 110 yaitu POP3 (Post Office Protocol versi 3) digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.
h. Port 143 yaitu IMAP (Internet Message Access Protocol) digunakan untuk mengakses atau mengambil e-mail dari server.
i. Port 443 yaitu SSL / HTTPs, kegunaannya hampir sama seperti http, tetapi port ini menggunakan teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server (SSL).
j. Port 465 yaitu port SMTP tetapi yang menggunakan enkripsi atau versi dari SSL.
k. Port 587 yaitu MSA (Mail Submission Agent) dugunakan untuk penanganan surat baru didukung oleh sebagian besar MTA’s (Mail Transfer Agent).
l. Port 993 yaitu port IMAP tetapi yang menggunakan enkripsi atau versi dari SSL.
m. Port 995 yaitu port POP3 tetapi yang menggunakan enkripsi atau versi dari SSL.

Kesimpulannnya adalah jika suatu port terbuka artinya client atau pengguna dapat mengakses suatu protokol tersebut, misal port 80 dan 443 dimana client atau pengguna dapat mengakses www.kedirikota.go.id. Sedangkan closed port artinya client atau pengguna tidak dapat mengaksesnya.
Untuk membuka atau menutup suatu port biasanya menggunakan firewall.

2. Register Pendaftaran
Untuk menganalisa register pendaftaran www.kedirikota.go.id, kami juga menggunakan web aplikasi serupa yaitu https://pentest-tools.com. Pada web aplikasi tersebut menggunakan Whois Lookup untuk mengetahui register pendaftaran.

Hasil scan akan menampilkan result sebagai berikut:
Dari scan result tersebut dapat diketahui bahwa website www.kedirikota.go.id teregistrasi dengan ID Domain yaitu PANDI-DO165592. Nama Domain kedirikota.go.id. Pembuatan registrasi pada tanggal 13 Januari 2012, terakhir diupdate pada tanggal 18 November 2018 dan berlaku sampai 13 Januari 2020.

3. Teknologi Yang Digunakan
a. Analystic and tracking
Tag situs global adalah library pemberian tag web untuk pengukuran situs, tracking konversi, dan produk pemasaran ulang Google.
Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web, saat ini sebagai platform di dalam merek Platform Pemasaran Google .

b. Widget
Google Tag Manager adalah sebuah system manajemen tag yang memperbolehkan Anda untuk melacak, membuat report, dan menganalisa sebuah website dengan menggunakan serangkaian kode.
Dalam website juga menggunakan font dari Google Font API dan Font Awesome.

c. Framework
Pada web menggunakan PHP framework dapat diartikan sebagai suatu kerangka kerja yang telah terpola dan memudahkan pengembang web dalam pembuatan web yang menggunakan script PHP.

d. Mapping
Google maps api memungkinkan kita untuk menampilkan peta / maps di dalam aplikasi atau suatu website.

e. Mobile
Sangat penting bahwa situs website secara otomatis merespons dalam ukuran dan kemudahan penggunaan berdasarkan pada perangkat desktop, tablet atau seluler. Pada website pengembang menggunakan Mobile non scalable content, Viewport Meta dan Iphone/Mobile compatible.


f. Conten Delivery Network
Content Delivery Network (CDN) salah satu kegunaannya adalah untuk mempercepat loading website. Fungsinya, memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lain-lain) dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses website. Hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan respon suatu website ketika diakses.
Pada website ini pengembang menggunakan GStatic Google Static Content.

g. Audio / Video Media
Pada website www.kedirikota.go.id dengan adanya video tentu akan menjadikan suatu konten pada halaman menjadi sangat beragam apalagi ditambah isi konten dari video terebut memberikan informasi dan manfaat kepada pengguna. Pada website menerapkan embed video dari YouTube.

h. JavaScript Libraries and Functions
Pada website menggunakan beberapa Library Javascript yang sebagian besar digunakan untuk mempercantik tampilan pada website.

i. Advertising
Google DoubleClick menyediakan manajemen iklan dan penayangan iklan. Dalam penayangan iklan, perencanaan media, manajemen pencarian, media yang kaya, video dan mobile, DoubleClick membantu pengembang menjalankan strategi digital media lebih efektif.

j. SSL Certificates
Sertifikat SSL dapat mengamankan data tidak hanya diaplikasikan melalui situs web saja tetapi dalam transmisi email pun dapat dijamin dengan SSL ini. Dengan SSL Certificate data jadi terenkripsi sebelum melakukan transmisi melalui internet.

k. Email Hosting Providers
Pada email hosting penyedia layanan atau provider menyediakan fasilitas SPF (Sender Policy Framework) untuk membantu penerima email mengetahui sumber yang benar berasal dari domain asli dan bahwa email tersebut bukan email palsu.

l. Web Server
Web server menarik konten dari server pada setiap permintaan user dan mengirimkannya. Pada website ini menggunakan Apache server. Apache merupakan software lintas platform, dan karena itulah server ini dapat berfungsi baik di server Unix maupun server Windows.

m. CSS Media Queries
Media Queries yang memungkinkan perenderan konten untuk beradaptasi dengan kondisi seperti resolusi layar (mis. Layar ponsel dan layar komputer).

n. Conten Delivery Network
Content Delivery Network ditujukan bagi sebuah website berskala besar dengan banyak konten. Website juga dapat menggunakan CDN untuk meningkatkan performa.

o. Copyright
Web www.kedirikota.go.id memiliki hak cipta (copyright) pada tahun 2018.

4. SMTP Mail
Pada website www.kedirikota.go.id terdapat mail server / smtp mail yaitu mail.kedirikota.go.id. Pada hasil scan terdapat dua hostname, menurut kami server mail yang satunya untuk cadangan jika server mail lainnya bermasalah. Penggunaannya yaitu nilai pref terkecil menjadi prioritas tertinggi.
















Belum ada Komentar untuk "Analisa Sebuah Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel